Popular Post

OST Date A Live

Posted by : kusaky Sabtu, 21 Januari 2017



Pointer
By : Viky
Pointer ke variabel

----

Pointer adalah variable yang berisi alamat memory sebagai nilainya dan berbeda dengan variable biasa yang berisi nilai tertentu. Dengan kata lain, pointer berisi alamat dari variable yang mempunyai nilai tertentu.
Dengan demikian, ada variabel yang secara langsung menunjuk ke suatu nilai tertentu, dan variabel yang secara tidak langsung menunjuk ke nilai.
(Informatika)
Variabel bertipe pointer sendiri adalah suatu variabel yang bisa menunjuk variabel yang lain dengan cara
menyimpan alamat memori dari variabel yang ditunjuk. Dalam pemrograman, setiap variabel, konstanta,
prosedur dan fungsi akan menempati memori.
(Rosihan Ariyuana, 2014)



Sebelum membuat linked list dalam bahasa C atau C++, anda harus memahami konsep pointer. Apakah itu pointer? Pointer adalah suatu variabel yang berisi alamat memory dari variabel lain. Konsep pointer secara sempurna didukung oleh bahasa pemrograman C/C++.

Perhatikan gambar di atas, ketika ketika berbicara variabel maka ada 3 hal yang perlu anda pahami:

  1. Nama variabel : Pada contoh di atas, beridentitas x yang bertipe integer (lihat baris ke-5 kode program). Tipe integer memerlukan ruangan di memory sebesar 4 byte. Variable x ini diibaratkan sebagai sebuah rumah dengan ukuran tipe tertentu
  2. Data : Variabel x diisi  data bernilai 50. Data diibaratkan penghuni rumah.
  3. Alamat : Posisi data pada memory RAM di komputer anda yang pada gambar di atas beralamat di 8012, diibaratkan rumah, pasti sebuah rumah mempunyai identitas seperti alamat, lengkap, kode post berserta kota-nya.
Untuk menyimpan sebuah alamat memory dari variable, anda harus mendeklarasikan variabel pointer dengan menambahkan tanda asterik (*) sebelum nama variabel. Untuk lebih jelasnya, perhatikan gambar di atas dan kode program di bawah ini yang keduanya saling berkorelasi.
  • baris ke-5, x dideklarasikan bertipe integer, sekaligus diisi nilainya 50
  • baris ke-6, untuk mencetak x, ketikan x.
  • baris ke-7, untuk mengetahui lokasi alamat x di memory, ketikan &x (tanda & sebelum variabel)
  • baris ke-9, y dideklarasikan bertipe pointer yang menyimpan alamat memory dari variabel bertipe integer.
  • baris ke-9, y = &x adalah perintah untuk menyimpan lokasi alamat memory x di variable pointer y.
  • baris ke-9, *y = 200. Data  pada alamat memory yang ditunjuk  pointer y, nilainya diganti 200. Makin bingung kan? Maksudnya y tadikan menunjuk alamat memory variabel x. Nah variable x itu nilainya bisa diganti dengan menggunakan mengisi *y dengan nilai yg dikehendaki. Inilah hal unik, spesial sekaligus membingungkan dalam pemrograman pointer sehingga banyak bahasa pemrograman lainnya menghilangkan fitur ini. 
  • baris ke-13, saat nilai x dicetak ulang, dan nilai berubah = 200,. Hal ini karena data pada var x bisa juga diganti langsung tidak menggunakan var x, tetapi menggunakan var pointer  *y.
  • baris ke-14, nilai y = alamat x. (perhatikan hasil running 0 x 22FF8C)
  • baris ke-15, sedangkan y sendiri juga mempunyai alamat. (perhatikan hasil running pada gambar paling bawah). 


Hasil running dari kode program di atas adalah sebagai berikut:



(Pemrograman, 2010)

Pointer ke array
 


Variabel larik atau dikenal dengan array adalah tipe terstuktur yang terdiri dari sejumlah komponen – komponen yang mempunyai tipe sama. Suatu array mempunyai jumlah komponen yang banyaknya tetap. Banyaknya komponen dalam larik ditunjukan oleh suatu indek untuk membedakan varibel yang satu dengan variabel yang lainnya. Variabel array dalam borland C++, dapat digolongkan menjadi dua buah dimensi yaitu array berdimensi satu dan array berdimensi dua.
Pointer merupakan sebuah variabel yang berisi alamat dari variabel lain. Suatu pointer dimaksutkan untuk menunjukan ke suatu alamat memori sehingga alamat dari suatu variabel dapat diketahui oleh borland C++ yaitu operator dereference ( & ) dan operator reference ( * ).
Konsep array diantaranya adalah banyak loncatan dari pointer satu ke pointer yang lain. Karena secara internal array juga menyatakan alamat, yaitu pengenal array sama dengan alamat pada elemen pertama, pada array.
(C++, 2016 )

DAFTAR PUSTAKA

C++, B. (2016 , January). Cara deklarasi pointer pada array C++. Retrieved January 22, 2017, from /www.belajarcpp.com: http://www.belajarcpp.com/2016/01/cara-deklarasi-pointer-pada-array-cplusplus.html
Informatika. (n.d.). Pengertian pointer. Retrieved January 22, 2017, from informatikaku-informatika.blogspot.co.id: http://informatikaku-informatika.blogspot.co.id/p/v-behaviorurldefaultvml-o.html
Pemrograman, T. A. (2010, Agustus 19). Variabel Pointer . Retrieved January 22, 2017, from dtugasalgoritma.blogspot.co.id: http://dtugasalgoritma.blogspot.co.id/2010/11/variabel-pointer.html
Rosihan Ariyuana, S. M. (2014). Pemrogaman Dasar. Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.



Jika Anda Menyukai ?
Yes / No

BIOADATA :
NAMA         : Viky Adzan
SEKOLAH  : Smk Islam 1 Blitar
MOTO         : Nomad

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Belajar Komputer Terlengkap - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -