Popular Post

OST Date A Live

Posted by : kusaky Sabtu, 21 Januari 2017



Struktur dan Fungsi CPU
By : Viky

Struktur CPU (ALU, Control Unit dan Register)
 ----
a. Pengertian CPU

CPU  merupakan  singkatan  dari  Central  Prosessor  Unit  yang  sering  diartikan  oleh  manusia sebagai  tubuh  maupun  dari  otak  sikomputer.  Selain  dapat  mengolah  berbagai  hitungan Aritmatika,  CPU  juga  dapat  mengolah  data-data  yang  telah  masuk  kedalam  komputer  dan menyimpannya  kedalam  Hardisk  maupun  alat  penyimpanan  lainnya  melalui  perintah prosessor yang ada di CPU. CPU sendiri terbuat dari lempengan yang  berbahan silicon yang terdiri  atas  10  juta  transitor  yang  biasa  disebut  “chip”.  Perkembangan  CPU  dari  waktu  ke waktu  semakin  meningkat.  Awal  munculnya  processor,  yakni  hadir  dengan microprocessornya  yang  di  buat  oleh  INTEL,  satu-satunya  produsen  pada  masa  itu  untuk pembuatan  processor.  Namun,  sekarang  ini  sudah  banyak  perusahaan-perusahaan  yang membuat processor.





b.bagian-bagian CPU dan Fungsi-funsinya

Perangkat  pengolah  atau  pemroses  data  dalam  komputer  adalah  prosesor  atau  lengkapnya adalah  mikroprosesor,  namun  umumnya  pengguna  komputer  menyebutnya  sebagai  CPU (Central Processor Unit). CPU merupakan otak bagi sebuah system komputer. CPU memiliki 3 komponen utama yang merupakan bagian tugas utamanya yaitu unit kendali (Control Unit – CU) , unit aritmetika dan logika (Aritmetic and Logic Unit – ALU) serta komponen register yang berfungsi membantu melakukan hubungan (interface) dari dan ke memori. Tugas CPU adalah melaksanakan dan mengawal keseluruhan operasi komputer sehingga bisa dikatakan hampir keseluruhan pemikiran dilaksanakan disini, sehingga sering dinamakan sebagai otak komputer. CPU Tempatnya terletak pada papan induk (motherboard) pada bagian inilah juga terletak  segala  pusat  perangkat  komputer  seperti  memori,  port  input  –output  (I/O)  dan
sebagainya.

(Uye, 2015)

----

ALU
----
Arithmetic and Logic Unit (ALU), bertugas membentuk fungsi – fungsi
pengolahan data komputer. ALU sering disebut mesin bahasa (machine
language) karena bagian ini mengerjakan instruksi – instruksi bahasa mesin yang
diberikan padanya. Seperti istilahnya, ALU terdiri dari dua bagian, yaitu unit
arithmetika dan unit logika boolean, yang masing – masing memiliki spesifikasi
tugas tersendiri.
(Endra Sumartono, 2014)

----

Control Unit
----
Control Unit (CU) adalah salah satu bagian dari CPU yang bertugas untuk memberikan arahan/kendali/ kontrol terhadap operasi yang dilakukan di bagian ALU (Arithmetic Logical Unit) di dalam CPU tersebut. Output dari CU ini akan mengatur aktivitas dari bagian lainnya dari perangkat CPU tersebut. Pada awal-awal desain komputer, CU diimplementasikan sebagai ad-hoc logic yang susah untuk didesain. Sekarang, CU diimplementasikan sebagai sebuah microprogram yang disimpan di dalam tempat penyimpanan kontrol (control store).
Beberapa word dari microprogram dipilih oleh microsequencer dan bit yang datang dari word-word tersebut akan secara langsung mengontrol bagian-bagian berbeda dari perangkat tersebut, termasuk di antaranya adalah register, ALU, register instruksi, bus dan peralatan input/output di luar chip.
Pada komputer modern, setiap subsistem ini telah memiliki kontrolernya masing-masing, dengan CU sebagai pemantaunya (supervisor).
Tugas dari CU adalah sebagai berikut:
1.Mengatur dan mengendalikan alat-alat input dan output.
2.Mengambil instruksi-instruksi dari memori utama.
3.Mengambil data dari memori utama kalau diperlukan oleh proses.
4.Mengirim instruksi ke ALU bila ada perhitungan aritmatika atau perbandingan logika serta mengawasi kerja.
5.Menyimpan hasil proses ke memori utama.
(kusumaari, 2013)

----


Register Internal
----
Register merupakan alat penyimpanan kecil yang mempunyai kecepatan akses cukup tinggi, yang digunakan untuk menyimpan data dan instruksi yang sedang diproses, sementara data dan instruksi lainnya yang menunggu giliran untuk diproses masih disimpan di dalam memori utama. Setiap register dapat menyimpan satu bilangan hingga mencapai jumlah maksimum tertentu tergantung pada ukurannya. Register-register dapat dibaca dan ditulis dengan kecepatan tinggi karena berada pada CPU.
Program Counter (PC) adalah register yang digunakan untuk menyimpan alamat lokasi dari memori utama yang berisi instruksi yang sedang diproses. Selama pemrosesan instruksi oleh CPU, isi dari PC diubah menjadi alamat dari memori utama yang berisi instruksi berikutnya yang mendapat giliran akan diproses, sehingga bila pemrosesan sebuah instruksi selesai maka jejak instruksi selanjutnya di memori utama dapat dengan mudah didapatkan.
Akumulator adalah register yang dapat digunakan untuk aritmatika, logis, pergeseran, memutar, atau lainnya operasi serupa. Komputer pertama biasanya hanya memiliki satu akumulator. Banyak kali ada terkait register tujuan khusus yang berisi data sumber untuk akumulator. Akumulator digantikan dengan register data dan register tujuan umum. Akumulator muncul kembali di mikroprosesor pertama. Intel 8086/80286: satu kata (16 bit) akumulator; bernama AX (byte urutan tinggi dari Register AX bernama AH dan byte orde rendah dari register AX bernama AL) Intel 80386: satu doubleword (32 bit) akumulator; bernama EAX (kata urutan rendah menggunakan nama yang sama sebagai akumulator pada Intel 8086 dan 80286 [AX] dan rendah ketertiban dan urutan tinggi byte dari kata-kata urutan rendah dari empat register menggunakan nama sama dengan akumulator pada Intel 8086 dan 80286 [AH dan AL])
Index  register adalah Register yang dipakai untuk melakukan operasi string dan sering digunakan  untuk menulis dan membaca ke atau dari memory seperti halnya BX dan BP(Base Pointer), yang terdiri dari register. 1. SI     (Source Index) Dipakai sebagai pointer atau tempat penyimpan data. Registerini sering  dipakai sebagai pointer untuk menunjuk sebuah item (indexing) dalam  satu kesatuan data. Pada operasi string, SI dipakai untuk menunjuk ke  byte atau word dalam sebuah source string. 2. DI     (Destination Index) Dipakai sebagai pointer atau tempat penyimpanan data. Sering dipakai  sebagai pointer untuk menunjuk sebuah item (indexing) dalam satu  kesatuan data.  Pada operasi string, DI dipakai untuk menunjuk ke byte atau word dalam sebuah destination string.
Stack Pointer adalah register yang memiliki fungsi operasi Push & Pop, Operasi push menambah bagian atas daftar, menyembunyikan semua item yang sudah di stack, atau menginisialisasi stack jika kosong. Operasi pop menghapus item dari bagian atas daftar, dan mengembalikan nilai ini ke pemanggil.Sebuah pop mengungkapkan baik yang sebelumnya telah tersembunyi, atau hasil dalam daftar kosong.
Segment Pointer : Register yang menyimpan alamt berbasis Segmen dimana mungkiin terdapat beberapa register misalnya satu register untuk system operasi dqan satu register untuk proses saat itu. b.Register Index : register yang menyimpan alamat-alamat yang terindeks dan autoindexed c.Stack Pointer :register yang memiliki fungsi operasi Push & Pop, Operasi push menambah bagian atas daftar, menyembunyikan semua item yang sudah di stack, atau menginisialisasi stack jika kosong. Operasi pop menghapus item dari bagian atas daftar, dan mengembalikan nilai ini ke pemanggil.Sebuah pop mengungkapkan baik yang sebelumnya telah tersembunyi, atau hasil dalam daftar kosong. (Putridede, 2016)

DAFTAR PUSTAKA

Endra Sumartono, S. G. (2014). Sistem Komputer. Surakarta: Politeknik Negeri Media Kreatif.
kusumaari, U. p. (2013, September 05). (ALU), Pengertian Control Unit (CU) dan Aritmetic Logical. Retrieved January 22, 2017, from ekapka.blogspot.co.id: http://ekapka.blogspot.co.id/2013/09/pengertian-control-unit-cu-dan.html
Putridede. (2016, January 15). Register Internal (program counter accumulator index register stack pointer). Retrieved Janury 22, 2017, from putridede.wordpress.com: https://putridede.wordpress.com/2016/01/15/register-internal-program-counter-accumulator-index-register-stack-pointer/
Uye, M. (2015, April). Struktur CPU Fungsi CPU (ALU, Control Unit, Register) . Retrieved January 22, 2017, from mahmudiuye.blogspot.co.id: https://mahmudiuye.blogspot.co.id/2015/04/struktur-cpu-fungsi-cpu-alu-control.html

Jika Anda menyukai ?
Yes / No



BIOADATA :
NAMA            : Viky Adzan
SEKOLAH      : Smk Islam 1 Blitar
MOTO            : Nomad

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Belajar Komputer Terlengkap - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -