Popular Post

OST Date A Live

Posted by : kusaky Senin, 08 Agustus 2016

Sistem Input-Proses-Output

By : Viky Adzan

Pengertian Perangkat pemroses pada Komputer
Peralatan proses pada komputer adalah perangkat keras yang berfungsi untuk memproses dan mengolah data yang diberikan oleh peralatan input kemudian di keluarkan dalam bentuk informasi ke dalam peralatan output yang akan diterima oleh manusia. Peralatan proses terdiri dari beberapa komponen perangkat keras komputer yang saling berhubungan satu sama lain. (Purnama, 2015)
Fungsi Modul
Modul I/O adalah suatu komponen dalam sistem komputer yang bertanggung jawab atas pengontrolan sebuah perangkat luar atau lebih dan bertanggung jawab pula dalam pertukaran data antara perangkat luar tersebut dengan memori utama ataupun dengan register – register CPU. (MARNINGTYAS, 2013)
Dua fungsi utama Modul I/O ialah :
·Sebagai piranti antarmuka ke CPU dan memori melalui bus sistem.
·Sebagai piranti antarmuka dengan peralatan peripheral lainnya dengan menggunakan link data tertentu
* Fungsi dalam menjalankan tugas, modul I/O dapat dibagi menjadi beberapa kategori, yaitu:
Kontrol dan pewaktuan
Komunikasi CPU
Komunikasi dengan perangkat eksternal
Pem-buffer-an data
Deteksi kesalahan
(Yanto, 2013)
Pengertian I/O Terprogram
         Pada I/O terprogram, data saling dipertukarkan antara CPU dan modul I/O. CPU mengeksekusi program yang memberikan operasi I/O kepada CPU secara langsung, seperti pemindahan data, pengiriman perintah baca maupun tulis, dan monitoring perangkat. Kelemahan teknik ini adalah CPU akan menunggu sampai operasi I/O selesai dilakukan modul I/O sehingga akan membuang waktu, apalagi CPU lebih cepat proses operasinya. (Agus, 2014)
Klaasifikasi I/O terprogram
1. Perintah control.
    Perintah ini digunkan untuk mengaktivasi perangkat peripheral dan memberitahukan tugas yang diperintahkan padanya.
2. Perintah test.
    Perintah ini digunakan CPU untuk menguji berbagai kondisi status modul I/O dan peripheralnya. CPU perlu mengetahui perangkat peripheralnya dalam keadaan aktif dan siap digunakan, juga untuk mengetahui operasi – operasi I/O yang dijalankan serta mendeteksi kesalahannya.
3. Perintah read.
    Perintah pada modul I/O untuk mengambil suatu paket data kemudian menaruh dalam buffer internal. Proses selanjutnya paket data dikirim melalui bus data setelah terjadi sinkronisasi data maupun kecepatan transfernya.
4. Perintah write.
    Perintah ini kebalikan dari read. CPU memerintahkan modul I/O untuk mengambil data dari bus data untuk diberikan pada perangkat peripheral tujuan data tersebut. (widyasmoro, 2014)
Struktur Keluaran
Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa hard-copy (ke kertas), soft-copy (ke monitor), ataupun berupa suara.
Peralatan output dapat berupa:
Hard-copy device, yaitu alat yang digunakan untuk mencetak tulisan dan image pada media keras seperti kertas atau film. Sifatnya permanen dan lebih portable (dapat dilepas dari alat outputnya dan dapat dibawa ke mana-mana). Alat yang umum digunakan untuk ini adalah printer, plotter, dan alat microfilm.
Soft-copy device, yaitu alat yang digunakan untuk menampilkan tulisan dan image pada media lunak yang berupa sinyal elektronik. Misalnya video display, flat panel, dan speaker.
Drive device atau driver, yaitu alat yang digunakan untuk merekam simbol dalam bentuk yang hanya dapat dibaca oleh mesin pada media seperti magnetic disk atau magnetic tape. Alat ini berfungsi ganda, sebagai alat output dan juga sebagai alat input. (Perantau, 2013)


Selengkapnya ada di Sini ?




 

Daftar Pustaka

Agus, P. (2014, Agustus 6). SISTEM INPUT PROSES DAN OUTPUT. Retrieved Agustus 5, 2016, from pio-agus: http://pio-agus.blogspot.co.id/2014/08/sistem-input-proses-dan-output.html
MARNINGTYAS. (2013, January). Fungsi Modul I/O. Retrieved Agustus 5, 2016, from emarnaningtyas: http://emarnaningtyas.blogspot.co.id/2013/01/fungsi-modul-io.html
Perantau, Y. S. (2013, Mei 2). UNIT MASUKAN DAN KELUARAN . Retrieved Agustus 6, 2016, from sigusmegayanto: http://sigusmegayanto.blogspot.co.id/2013/05/unit-masukan-dan-keluaran-pada-sistem.html
Purnama. (2015, Juni 4). Perangkat Pemroses. Retrieved Agustus 5, 2016, from MATERI TKJ DAN BELAJAR KOMPUTER: http://www.materitkj.com/2015/06/perangkat-proses-pada-komputer.html
widyasmoro, A. (2014, September). Modul I/O. Retrieved Agustus 5, 2016, from ix-g-04: http://ix-g-04.blogspot.co.id/2014/09/io-terprogram-ppi.html
Yanto. (2013, Mei 2). UNIT MASUKAN DAN KELUARAN . Retrieved Agustus 5, 2016, from sigusmegayanto: http://sigusmegayanto.blogspot.co.id/2013/05/unit-masukan-dan-keluaran-pada-sistem.html


BIODATA :
Name        : Viky Adzan K.
Birth           : 22 – Nov - 1998 











SCHOOL : SMK Islam 1 Kota Blitar





{ 2 komentar... read them below or Comment }

- Copyright © Belajar Komputer Terlengkap - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -