Popular Post

OST Date A Live

Posted by : kusaky Sabtu, 21 Januari 2017



Karakteristik Set Instruksi
By : Viky
Element-element Instruksi

----
 
Agar dapat dieksekusi, setiap instruksi harus berisi informasi yang diperlukan
oleh CPU. Informasi itu dituangkan dalam elemen-elemen instruksi:

· Operation Code/Kode Operasi: menspesifikasikan operasi yang akan dilakukan
   (misalnya,ADD).

· Operasi dispesifikasikan oleh kode biner, yang dikenal sebagai kode operasi,
atauopcode.

· Source Operand Reference/Referensi Operand Sumber: operasi dapat
mencakup satu atau lebih sumber, operand merupakan input bagi operasi.

· Result Operand Reference/Reference Operand Hasil: operasi dapat membuat
hasiloperasi.

· Next Instruction Reference/Reference Operand Selanjutnya: elemen ini
memberitahu CPU posisi instruksi berikutnya yang harus diambil setelah
menyelesaikan eksekusi suatu instruksi. (Endra Sumartono, 2014)
----
Tipe – tipe instuksi
    ·      Data Processing/Pengolahan Data: instruksi-instruksi aritmetika dan logika.
    ·      Data Storage/Penyimpanan Data: instruksi-instruksi memori.
    ·      Data Movement/Perpindahan Data: instruksi I/O.
   ·        Control/Kontrol: instruksi pemeriksaan dan percabangan.
(Nisyaistiazela, 2016)

----
 
Tipe-tipe Operand
----
Operand adalah sebuah objek yang ada pada operasi matematika yang dapat digunakan untuk melakukan operasi. Operand atau operator dalam bahasa C berbentuk simbol bukan berbentuk keyword atau kata yang biasa ada di bahasa pemrograman lain. Simbol yang digunakan bukan karakter yang ada dalam abjad tapi ada pada keyboard kita seperti =,,* dan sebagainya.
Tipe-tipe operand diantaranya :

1. Addresses (akan dibahas pada addressing modes)

2. Numbers :
 * Integer or fixed point
 * Floating point
 * Decimal (BCD)

3. Characters :
 * ASCII
 * EBCDIC

4. Logical Data : Bila data berbentuk binary: 0 dan 1
(Aisyah)

----
 
Tipe – Tipe Operasi
 ----
a. Operasi set instruksi untuk transfer data :
• MOVE : memindahkan word atau blok dari sumber ke tujuan
• STORE : memindahkan word dari prosesor ke memori.
• LOAD : memindahkan word dari memori ke prosesor.
• EXCHANGE : menukar isi sumber ke tujuan.
• CLEAR / RESET : memindahkan word 0 ke tujuan.
• SET : memindahkan word 1 ke tujuan.
• PUSH : memindahkan word dari sumber ke bagian paling atas stack.
• POP : memindahkan word dari bgian paling atas sumber
 ----
b. Operasi set instruksi untuk arithmetic :
• ADD : penjumlahan
• SUBTRACT : pengurangan
• MULTIPLY : perkalian
• DIVIDE : pembagian
• ABSOLUTE
• NEGATIVE
•DECREMENT
•INCREMENT

Urutan 5 sampai 8 merupakan instruksi operand tunggal.
 ----
c.    Operasi set instruksi untuk operasi logical :

•AND,OR,NOT,EXOR

•COMPARE:melakukan perbandingan logika.


• 3TEST : menguji kondisi tertentu.


• SHIFT : operand menggeser ke kiri atau kanan menyebabkan konstanta pada ujung bit.


• ROTATE : operand menggeser ke kiri atau ke kanan dengan ujung yang terjalin.

----
d.    Operasi set instruksi untuk conversi :

• TRANSLATE : menterjemahkan nilai-nilai dalam suatu bagian memori berdasrkan tabel korespodensi.
• CONVERT : mengkonversi isi suatu word dari suatu bentuk ke bentuk lainnya.
 ----
e.    Operasi set instruksi Input / Ouput :

• INPUT : memindahkan data dari pernagkat I/O tertentu ke tujuan
• OUTPUT : memindahkan data dari sumber tertentu ke perangkat I/O
• START I/O : memindahkan instruksi ke prosesor I/O untuk mengawali operasi I/O
• TEST I/O : memindahkan informasi dari sistem I/O ke tujuan
----
f.     Operasi set instruksi untuk transfer control :

• JUMP (cabang) : pemindahan tidak bersyarat dan memuat PC dengan alamat tertentu.
• JUMP BERSYARAT : menguji persyaratan tertentu dan memuat PC dengan alamat tertentu
   atau tidak melakukan apa tergantung dari persyaratan.
• JUMP SUBRUTIN : melompat ke alamat tertentu.
• RETURN : mengganti isi PC dan register lainnya yang berasal dari lokasi tertentu.
• EXECUTE : mengambil operand dari lokasi tertentu dan mengeksekusi sebagai instruksi.
• SKIP : menambah PC sehingga melompati instruksi berikutnya.
• SKIP BERSYARAT : melompat atau tidak melakukan apa-apa berdasarkan pada
     persyaratan.
• HALT : menghentikan eksekusi program.
• WAIT (HOLD) : melanjutkan eksekusi pada saat persyaratan dipenuhi.
• NO OPERATION : tidak ada operasi yang dilakukan.
(Zulfajri, 2013)

----
 
Instruksi Percabangan
----
Instruksi Perulangan digunakan untuk menjalankan satu atau beberapa instruksi sebanyak berapa kali jika suatu kondisi terpenuhi. Instruksi perulangan memungkinkan kita untuk menjalankan bebrapa instruksi hanya dengan menuliskan instruksi tersebut satu kali saja. Proses perulangan biasanya digunakan untuk mengulang proses memasukkan data, proses penghitungan, dan mengulang proses penampilan hasil pengolahan data.
Bagian struktur perulangan terdiri dari:

1.       Kondisi perulangan, yaitu ekspresi boolean yang harus dipenuhi untuk melaksanakan
          pengulangan.
2.       Badan perulangan, yaitu satu atau lebih instruksi yang akan diulang.
3.       Inisialisasi, yaitu aksi yang dilakukan sebelum perulangan dilakukan pertama kali.
4.       Terminasi ,yaitu aksi yang mengakibatkan perulangan dihentikan.

Macam-macam struktur perulangan:

1.       Instruksi FOR
2.       Instruksi WHILE
3.       Instruksi DO-WHILE

Perulangan dalam bahasa pemrograman biasa disebut dengan LOOP. Mekanisme LOOP ini, suatu proses yang berulang dapat diimplementasikan dengan pernyataan-pernyataan yang relatif pendek.
(Jeyop, 2016)


Flowchart

1. Flowchart adalah bagan-bagan yang mempunyai arus menggambarkan langkah-langkah
     penyelesaian suatu masalah
2.  Merupakan cara penyajian dari suatu algoritma
3.  Ada 2 macam flowchart:
·        
System flowchart:
                       Urutan proses dalam system dengan menunjukkan alat media input, output serta jenis penyimpanan dalam proses pengolahan data.
·         Program flowchart:
                       Urutan instruksi yang digambarkan dengan symbol tertentu untuk memecahkan masalah dalam suatu program.

Contoh program Flowchart




Simbol-simbol Flowchart

1.  Flow Direction Symbols (simbol penghubung alur)
2.  Processing Symbols (simbol proses)
3.  Input-Output Symbols (simbol input-output)

(bloginformatika, 2010)


DAFTAR PUSATAKA

Aisyah, R. (n.d.). tipe-tipe operand dan operasi. Retrieved January 21, 2017, from kikireisyah.wordpress.com: https://kikireisyah.wordpress.com/tipe-tipe-operand-dan-operasi/
bloginformatika. (2010, July). Algoritma dan Flowchart, Dasar Pemrograman . Retrieved January 21, 2017, from www.bloginformatika.com: http://www.bloginformatika.com/2010/07/algoritma-dan-flowchart-dasar.html
Endra Sumartono, S. G. (2014). Sistem Komputer. Surakarta: Politeknik Negeri Media Kreatif.
Jeyop, B. (2016, Mei). Instruksi Percabangan. Retrieved January 21, 2017, from chanchan-programming.blogspot.co.id: http://chanchan-programming.blogspot.co.id/2016/05/instruksi-percabangan.html
Nisyaistiazela. (2016, Maret 04). Jenis - jenis elemen instruksi dan tipe - tipe instruksi. Retrieved January 21, 2017, from nisyaistiazela.wordpress.com: https://nisyaistiazela.wordpress.com/2016/03/04/jenis-jenis-elemen-instruksi-dan-tipe-tipe-instruksi/
Zulfajri. (2013, September 31). Tipe - Tipe Operasi. Retrieved January 21, 2017, from zulfajri482.wordpress.com: https://zulfajri482.wordpress.com/2013/10/31/tipe-tipe-operasi/


Jika Anda Menyukai ?
Yes / No


BIODATA :
NAMA                : Viky Adzan
SEKOLAH         : Smk islam 1 Blitar
MOTO                : Nomad

{ 1 komentar... read them below or add one }

- Copyright © Belajar Komputer Terlengkap - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -